Tidak Perlu Root! Cara Mudah Mengatasi Lag Di Smartphone Android !

beberapa tips jitu cara mengatasi lag pada smartphone android

Android Adalah salah satu fitur yang ada pada hp atau Smartphone, adanya Androud ini membawa banyak perubahan. Fitur yang dimiliki Android ini sangat canggih sehingga kebutuhan manusia bisa teratasi dengan mudah.

Semakin berkembangnya Zaman, Android menjadi hal yang utama bagi kebutuhan manusia. Terutama dalam media online.
tetapi setiap ciptaan manusia selalu ada kekurangan yang dimiliki, begitu juga dengan Android ini.

Sering banyak orang yang mengeluh ketika smartphone Android mereka selalu lag dan performa nya sangat tidak baik. Yang mengakibatkan orang mudah menyerah sampai sampai harus ganti hp dan yang paling parah harus rooting android mereka.

Root android memang sangat mudah dan memiliki fitur lebih ketika root itu berhasil. Seperti melegakan internal dan menambahkan script tweak agar performa android lebih smooth.


memang tidak menjadi bahan kerugian karena ada nilai tambah sesudah rooting. Tetapi Zaman terus maju dan android kian hari memperbaharui perangkat mereka agar bisa bekerja optimal.

Inilah jika rooting dilakukan penyebabnya akan kehilangan garansi, dan jika salah menggunakannya akan berakibat brick dan smarthpone tidak bisa di jalankan.

Maka dari itu, Saya sarankan Hindari agar tidak terjadi hal yang di inginkan. Untuk membuat performa android lebih lancar.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mudah cara mempercepat performa android

Apa saja yang diperlukan agar performa Semartphone android sangat baik saat digunakan?

Memory External

memory External sebenarnya sangat mempengaruh dengan kinerja pada smartphone kita. Pengujian ini sudah saya sering lakukan dibeberapa Hp yang memiliki ram rendah.

Memory External adalah ruang penyimpanan digital yang mampu menampung lebih file berupa photo, audio, video, Dan file file lainnya. Dengan kapasitas ukuran yang berbeda.

Memory internal atau kartu Memory ini juga memiliki beberapa jenis seperti PC CARD/PMCIA, SD, SM, MMC, dan masih banyak lagi.

tetapi kita memilih SD (Scure Digital) dan memiliki jenis juga seperti MicroSD dan SDHDC. MicroSD ini lah yang akan menjadi faktor performa untuk android kita menjadi lebih baik.

Apa perbedaannya? dari kedua perbedaan tersebut sangat mudah untuk membandingkan. Secara umum microSD hanya dapat menampung kapasitas ukuran sebesar 2GB. Sedangkan SDHC (Scure Digital Hight Capacity) bisa menyimpanan ukuran besar sampai 2TB.

Penjelasan antara kedua ini sangat lah panjang dan harus jelas isi nya. Kita tidak akan membahas ke 2 perbedaan antara MicroSD dan SDHC itu. Untuk lebih tau penjelasannya silahkan kujungi disini tentang MicroSD

mungkin ada beberapa pertanyaan seperti :

Sudah pakai microSD tapi tetap saja tidak ngaruh sama sekali.

jawabannya

Ada pengaruhnya kok, tapi harus menggunakan class microSD yang terbaik.

kebanyakan orang belum mengetahui bergunanya microSD itu sangat penting bagi smartphone. Apalagi yang memiliki smartphone yang sudah support untuk menyimpan poto berukuran 4K dan video dengan resolusi 720P.

Lalu bagaimana MiscroSD itu bekerja sehingga performa smartphone android bisa stabil ?

sebelum itu saya akan memberikan studi kasus yang sudah saya alami.

Studi kasus :

saya telah mencoba riset untuk setiap semartphone dengan kapasitas ukuran internal 8GB dan RAM 1GB. Dalam kasus ini saya tidak menggunakan microSD dengan class tinggi.
Tetapi saya cukup menggunakan internal saja. Dan tidak lama hanya menginstall Beberapa aplikasi seperti twitter, facebook dan whatsapp smartphone terasa panas dan mulai melambat karena kapasitas internal yang sudah mulai habis.

jelas dong itu sangat menganggu bagi saya, apalagi saya yang sering buka beberapa aplikasi secara real time.

Penyelesaian :

lalu saya membeli sebuah microSD dengan harga berbeda tetapi ukuran kapasitasnya sama. Lalu saya membeli keduanya dan membedakan kecepatan dari microSD tersebut.

dan benar saja, MicroSD dengan harga mahal dengan kapasitas masing2 16gb berbeda kecepatannya dimana saya menggunakan class 10 dan yang satunya class 4. perbedaan ini yang membuat saya yakin kalau microSD tersebut sangat berguna bagi Gadget yang memiliki internal yang rendah.

untuk cara kerja android ini belum saya tau lebih jelas seperti apa, namun ada hal yang saya rasakan ketika menggunakan microSD dengan class10 ini.
yaitu bisa membantu meringankan ukuran internal smartphone android kita, dengan cara memindahkan data tersebut ke microSD.

Data tersebut lah yang akan mengatur cepatnya performa android kita digunakan. Semakin tinggi class pada microSD maka kecepatan transfer dari setiap aplikasi itu akan cepat dan tidak akan menghambat kinerja pada android.

Bingung dengan penjelasan diatas?

Sebagai contoh, kalian memiliki smartphone dengan ukuran 8GB dan pernah kalian sering diberi tahu kalau ada kata kata “Kapasitas Penyimpanan Anda Penuh” pernah?
nah mungkin kalian bertanya, kenapa ini terjadi? dan dari mana asal kapasitas penyimpanan penuh itu datang.

pernah kan melihat kapasitas aplikasi kalian tiba tiba membengkak? dari awal ukuran hanya 50MB tiba tiba menjadi 1GB.

Dari mana itu? itu diakibatkan dari pemakaian aplikasi secara terus menerus sehingga file chache tersebut lah yang mengakibatkan ukuran internal pada android membengkak.
nah chache atau cookie ini lah yang mengakibatkan performa android menjadi android menurun sehingga kapasitas penyimpanan dan ram menjadi tidak setabil. pengertian ini akan berbeda pada setiap orang. jadi ini refernsi yang saya dapat setelah riset sendiri pada kasus tersebut.

kurang lebih seperti itu terjadinya android tidak stabil.

Maka dilakukan lah antisipasi tersebut dengan MicroSD yang miliki Class yang tinggi.
kenapa harus dengan microSD? simplenya tidak ada penyimpanan digital lainnya yang ada pada satu lokasi yang sama, dan bisa dijalankan secara bersamaan.

ada pun class yang harus kalian tau dan kecepatan transfer yang dimiliki setiap class tersebut.

  • Class 2 memiliki kecepatan Transfer dengan Rate Minimum 2MB setara dengan 16Mbps
  • Class 4 memiliki kecepatan Transfer dengan Rate Minimum 4MB setara dengan 32Mbps
  • Class 6 Memiliki kecepatan Transfer dengan Rate Minimum 6MB setara dengan 48Mbps
  • Class 8 Memiliki kecepatan Transfer dengan Rate Minimum 8MB setara dengan 64Mbps
  • Class 10 Memiliki kecepatan Transfer dengan Rate Minimum 10MB setara dengan 84Mbps

itu beberapa penjelasan dalam Class yang ada pada microSD semakin tinggi kecepatan transfer maka android akan stabil dan tidak terlalu lag saat membuka setiap aplikasi.

Jadi sekarang paham kenapa microSD itu sangat berguna? Merek microSD memang banyak dan mahal mahal. tetapi harga mahal tersebut jika class nya rendah itu akan percuma.

Kesimpulannya tanpa root android kita bisa mendapatkan performa android yang stabil dengan menggunakan microSD, tanpa harus merusak garansi pada smartphone teman teman, Dengan mengetahui class pada microSD tersebut. Teman teman tidak akan sia sia ketika membeli sebuah kapasitas penyimpanan tambahan (MicroSD) dengan harga yang mahal.

Cukup dengan memindahkan aplikasi yang berat ke MicroSD maka akan berkurang membengkaknya ukuran internal pada Android teman teman yang mengakibatkan terjadinya Lag atau Panas pada smartphone.

Leave a Reply