Cara Dual Boot Windows Dan Linux Dengan Benar !

cara dual boot yang benar

Bagi sebagian orang dual booting adalah hal yang sangat muda untuk bisa mengakses 2 system oprasi dalam 1 laptop atau komputer, keperluannya sangatlah berbeda beda, ada yang ingin menyicipi performa system oprasi lain, ada juga yang ingin merasakan tampilan dari system oprasi lain selain oprasi utama yang sering kita pakai yaitu windows.

Bagi yang sudah kenal dengan dual boot pasti tidak bakalan asing ketika ingin menginstal 2 system oprasi baik itu windows dengan linux atau yang lainnya.

Tetapi ini akan menjadi sebuah kendala bagi para pemula yang ingin mencoba dual boot tapi mebaca tutorial dengan benar.

dalam artikel ini, saya akan memberikan sebuah tips bagaimana cara dual boot yang benar khususnya windows dengan linux.

Pembagian Partisi

Untuk memulai dual boot tentu harus membagi partisi yang ada di windows baik itu di Drive C maupun di drive D tergantung seberapa besar ruang kosong yang ada pada partisi windows. usahakan partisi yang kalian mau bagi untuk linux nantinya lebih dari 100GB agar pembagian partisi tidak susah.

Instalasi

jika kalian sudah membagi partisi sesuai yang teman teman inginkan, selanjutnya memulai instalasi. pastikan System Oprasi yang kamu pilih, sudah kamu kuasai untuk menginstallnya. jika belum bisa installasi tapi teman teman pengen menggunakan System Oprasi tersebut, silahkan mencoba installasi virtual menggunakan virtualbox atau vmware.

Partisi

kendala yang sering dimiliki pemula adalah pada bagian partisi, problem terbesarnya ketika sesudah melakukan partisi, boot untuk menuju windows pasti hilang, alhasil yang tadinya dual boot menjadi single boot.

Cara agar tidak single boot teman teman jangan asal klik saat di menu partisi, dan jangan sampai dihapus partisi yang ada, jika tadi pertama kita membagi partisi di windows dengan ukuran 100GB lebih, maka teman teman cari partisi itu, biasanya ada 3 atau 4 partisi tergantung berapa partisi windows yang kalian bagi di komputer atau laptop kalian. nah yang harus kalian perhatikan yaitu cari partisi dengan tulisan Free Space, jika sudah nemu klik partisi yang tulisannya Free Space dan di partisi itu kalian bagi menjadi 3 partisi, partisi tersebut nantinya untuk penyimpanan linux. buat partisi /boot, root (/) dan Grub. buat seusai kebutuhan kalian masing masing.

jika semuanya sudah merasa benar, silahkan install dan tunggu sampai peroses selesai.

Dan selamat, kamu berhasil install dual boot dengan aman. tanpa sedikit pun ada kendala, untuk menginstall system oprasi lainnya teman teman bisa lakukan hal yang sama dalam yang paling penting perhatikan Partisi.

Leave a Reply