7 Cara Sederhana Yang Terbukti Efektif Menurunkan Tagihan Listrik PLN hingga 40 %

Mengelola biaya bulanan dalam rumah tangga memanglah tidak mudah, sebab jika salah dalam menghitung kebutuhan bulanan akan berdampak membengkaknya biaya pengeluaran.

Apalagi sekarang segela kebutuhan utama sehari – hari seperti listrik dan air tidak dapat di prediksi nominal pastinya.

Terlebih lagi kebutuhan pemakian listrik, di jaman sekarang dimana kebutuhan akan perangkat teknologi seperti televise, smartphone, AC dll sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari – hari. Namun mengingat biaya listrik yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya tentu hal ini dapat membuat perngeluaran biaya bulanan semakin sulit di control.

Karenanya sebelum anda meresa kesal dan frustasi Karena biaya listik yang kian membengkak setiap bulannya, coba anda ingat kembali berapa jumlah perlatan rumah tangga yang menggunakan energi listrik ?

Seberapa besar daya listrik yang di butuhkan pada setiap alat ? lalu seberapa sering alat tersebut anda operasikan ? ada berapa banyak dan seberapa lama ?

Lalu seberapa besar daya setiap lampu yang di gunakan dalam setiap ruangan ?

Dengan mencermati hal – hal tersebut di atas, anda dapat memperhitungkan berapa pengualaran kebutuhan listrik yang anda gunakan setiap harinya.

Jika anda sudah menghitungnya dan anda sudah dapat memperkirakan berapa besar pengeluaran kebutuhan listrik setiap bulannya, sekarang anda dapat mencoba 7 cara ini untuk menghemat listrik anda di rumah.

  1. Pilihlah Daya Listrik Sesuai Kebutuhan

Pilihlah daya listrik sesuai kebutuhan anda, maksudnya pintar pintarlah menghitung kebutuhan listrik yang di gunakan dalam kebutuhan sehari – hari, ini bisa menjadi langkah awal dalam menekan biaya listrik yang membengkak.

PLN sendiri menetapkan 17 golongan tari dasar listrik. Dalam kebutuhan berumah tangga sendiri tarifnya di bagi menjadi 3 golongan yakni, R1, R2, Dan R3. Golongan tarif ini nantinya yang menentukan biaya pemakaian dan biaya beban

Biaya pemakian adalah biaya yang di hitung berdasarkan selisih angka yang terdapat pada meteran listik setiap bualnnya sedangkan biaya beban adalah biaya yang harus di bayar setiap bulan untuk setiap 1000 watt listik yang tersambung. Artinya biaya bulanan juga merupakan komponen biaya yang fixed

Di pakai maupun tidak setiap bulannya. Besarnya biaya beban tidak akan berubah sehingga dengan memperkirakan kebutuhan daya anda dapat memilih golongan Tarik listrik yang sesuai.

Jika ingin menghemat listrik dengan daya yang rendah, anda tidak dapat leluasa memanfaatkan listrik yang di pakai, dan juga sebaliknya jika memilih daya yang berlebih, akan terbuang sia – sia jika tidak di manfaatkan..

Jadi pintar pintarlah memilih daya listrik yang sesuai kebutuhan anda

  1. Mengubah kebiasaan menggunakan listrik

Simplenya anda harus mengguanakn perlatan lisrik hanya pada saat yang di perlukan saja, ternyata beberapa alat ektronik meski sudah di matikan, ternyata masih berada dalam kondisi stand by, walau tidak besar hal ini pun tetap menyedot energi listrik yang sia sia.

  1. Cermatlah memilih perangkat yang menggunakan listrik

Televisi dan perangkat audio rata-rata sekitar 150watt. Perabot seperti kompor listrik, oven,microwave , atau AC berdaya minimal berdaya 600watt.

Melihat besar daya setiap perabot, yang terbayang di depan mata, betapa besar energi listrik yang baSSkal disedot perabot-perabot ini sewaktu dipergunakan.

Besar daya yang disedot perabot sebetulnya berbanding lurus dengan lama proses pemakaian. Contoh, dengan memperhatikan daya listrik di rumah, kita membeli rice cooker berdaya 150watt.

Tujuannya agar sewaktu digunakan, listrik di rumah yang berdaya 900watt tidak turun.

Dengan rice cooker 150 watt, nasi matang setelah 1-2 jam. Proses memasak akan lebih pendek jika Anda menggunakan rice cooker yang berdaya lebih besar.

Katakanlah,memakai rice cooke berdaya 350watt, nasi matang dalam 20menit. Artinya, dengan memiliki perabot berdaya lebih besar, Anda dapat menekan jumlah angka pemakaian, Namun, perlu diperhatikan, agar listrik tak turun, gunakan perabot-perabot ini secara bergantian.

  1. Mendesain rumah yang sesuai

Mendesain rumah yang terbuka dengan banyak bukaan dapat menekan penggunaan energi buatan seperti penerangan dan pendingin ruangan..

Sehingga dalam keadaan siang hari terik anda dapat menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan di dalam rumah anda, selain itu dengan menanam tumbuh – tumbuhan di halaman rumah angin yang mangalir dari luar menambah kesejukan sendiri tanpa harus menggunakan pendingin ruangan seperti kipas angina dan AC.

  1. Mencabut kabel yang tidak di gunakan pada stop kontak

Kabel dari sebuah perangkat elektronik yang masih terhubung dengan stop kontak ternyata masih menghasilkan listrik yang mengalir. Sehingga jangan heran bila tagihan listirik membengkak nantinya. Jadi, untuk menghemat pemakaian listrik sebisa mungkin kita cabut kabel elektronik yang tidak di gunakan pada stop kontak, seperti mencabut charger hp saat daya ponsel sudah terisi penuh, mencabut kabel laptop jika sudah tidak di gunakan. Hal ini juga berlaku pada perangkat elekronik lainnya seperti tv, kipas angina, radio, dll

  1. Matikan lampu atau menggunakan lampu hemat energi

Usahakan matikan lampu jika memang sedang tidak di gunakan seperti sedang tidur, ketika hendak berpergian, atau jika keadaan ruangan sudah cukup terang dengan mengandalkan pencahayaan sinar matahari. Untuk anda yang ga mau repot anda bisa mengguanakan lampu led ( light emitting diode )

  1. Memasang perangkat energy server – enter indonesia

Langkah terakhir cara yang paling praktis yang sering di gunakan dan sudah terbukti ampuh adalah denhan measang perangkat energy server.

Energy saver ini sendiri merupakan kapasitor bank mini. Mirip seperti yang terpasang di pabrik-pabrik. Fungsinya untuk menekan jumlah arus boros pada setiap peralatan listrik.

Namun hati – hati dalam memilih perangkat jenis ini, banyak perangkat energy server abal – abal yang di jual murah di pasaran sehingga dampaknya bukannya menghemat listrik namun menurunkan kapasitas penggunaan listriknya sendiri seperti lampu yang terang menjadi redup bahkan perangkat energy server abal – abal akan berdampak membahayakan perangkat elektronik anda.

Tapi  tidak perlu khawatir, tidak semua perangkat energy server yang di jual di pasaran merupakan perangkat abal – abal. Banyak juga yang sudah terbukti ampuh bahkan mendapat pengakuan dari pemerintah maupun PLN. salah satunya adalah perangkan energy server enter Indonesia yang sudah mendapat banyak pengakuan serta terbukti ampuh untuk menekan biaya pengeluaran tagihan listrik hingga 40% dengan jaminan garansi selama 5 tahun.

ENTER INDONESIA merupakan solusi terbaik untuk mengurangi tagihan listrik dirumah, ruko, gedung, hotel, restoran, dll. karena alat ini berfungsi menghilangkan daya semu/arus boros/rugi daya/induksi pada setiap peralatan listrik/elektronik yang terbuat dari kumparan seperti : AC, Kulkas, Mesin Cuci, Pompa Air, TV, Komputer, Lampu TL, Kipas Angin, dll. Sehingga menghemat biaya listrik yang harus kita bayar setiap bulan, sampai dengan 40% tanpa melanggar PLN.

ENTER INDONESIA adalah alat penghemat listrik multidaya teknologi Jerman dengan tujuh fungsi utamadiantaranya :

PERTAMA; Menghemat daya listrik dengan cara menyerap (mereduksi) daya semu/arus boros/induksi pada setiap peralatan listrik/elektronik yang terbuat dari kumparan seperti : AC, Kulkas, Mesin Cuci, TV, Komputer,Lampu, Vacuum Cleaner, dll.

KEDUA; Menahan tarikan awal pada alat listrik/elektronik berdaya tinggi (Soft start) sehingga ENTER INDONESIA sekaligus berfungsi memaksimalkan daya terpasang dan mencegah sekring jatuh/anjloknya MCB di bawah KWH Meter karena kelebihan beban daya. Dengan memasang ENTER INDONESIA rumah/kantor/gudang/gedung/ruko/showroom dll, maka alat ini hasil akhirnya akan mengurangi putaran KWH Meter sehingga menghemat biaya listrik yang harus di bayar oleh konsumen setiap bulan.

Kenapa enter Indonesia tidak melanggar PLN

Karena cara kerja enter Indonesia adalah dengan menghilangkan daya semu/arus boros/induksi pada setiap listrik/elektronik yang terbuat dari kumparan dan atau alat-alat listrik/elektronik yang menimbulkan induksi.

Misalnya, sewaktu kita menghidupkan AC yang daya listriknya tertulis 700 Watt. Kalau kita ukur dengan tang Ampere, sebenarnya daya listrik yang dihisap oleh AC tersebut sampai 900 Watt (bukan pada saat start awal, tetapi setelah stabil). Yang 200 Watt lebihnya itu adalah daya semu/arus boros/rugi daya/induksi. Maka ketika dirumah secara bersamaan kita menyalakan : AC, Kulkas, Pompa Air, Mesin Cuci, TV, Komputer, Lampu, Vacum Cleaner, dll, tentu cukup besar daya semu/arus boros/rugi daya/induksinya. Itulah sebabnya kadang kita merasa belum maksimal menggunakan listrik sesuai daya terpasang, tetapi listrik di rumah sudah jatuh/turun MCB nya.

Karena itu cara kerja ENTER INDONESIA tidak melanggar dan tidak merugikan PLN, karena alat ini sudah sesuai dengan SK Menteri PU No.23/PRT/1978 tentang Kapasitor Bank, dan Surat Edaran Kementrian ESDM Dirjen Kelistrikan No. 2491/44/640.2/2006 Tanggal 24 Juli 2006 perihal Penggunaan alat penghemat daya/energy yang melawan hukum, Alat Penghemat daya yang belum lolos uji Laboratorium Independen. ENTER INDONESIA juga bisa digunakan untuk daya listrik 5.500 Watt s/d 33.000 Watt. Untuk daya listrik diatasnya tidak bisa lagi menggunakan alat ini, tetapi harus menggunakan Power Quality System TS 2000 ENTER INDONESIA 3 phase..

Bagaimana sih cara kerja PENGHEMAT LISTRIK ENTER INDONESIA sehingga bisa menurunkan tagihan listrik PLN hingga 40% ? serta bagaimana alat ini dapat mendapatkan banyak penghargaan dari global maupun pemerintah.

 selengkapnya bisa dilihat di sini –> Tentang ENTER INDONESIA <–

enter indonesia
pesan enter indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *